Berita Dari BSB

Rumah Bawah (RB)


      Yayasan Bina Sarana Bakti (YBSB) memiliki sebuah gedung yang biasa disebut dengan Rumah Bawah (RB). Rumah Bawah milik Yayasan BSB merupakan gedung dengan multifungsi sebab dalam satu gedung terdapat setidaknya tiga kantor untuk tiga divisi berbeda yang berada di bawah naungan Yayasan BSB, sebuah perpus, ruang aula pertemuan dengan kapasitas kurang lebih untuk 50 orang dan tiga buah kamar tempat tinggal untuk karyawan yang masih lajang. Ketiga divisi yang kantornya terletak di dalam gedung RB adalah Divisi Sarana dan Prasana, Divisi Taman Organis serta Divisi Pendidikan dan Pelatihan.
          Menelusuri gedung RB dimulai dari teras luar gedung, pada bagian ujung kiri kita dapat menemui sebuah toilet dengan wastafel yang berada di depannya. Kemudian di samping kanan toilet terdapat gudang yang berfungsi sebagai tempat menyimpan segala peralatan dan bahan bangunan milik Divisi Sarana dan Prasarana. Setelah gudang, sebelah kanannya terdapat pintu yang akan menghubungkan bagian pertama dari gedung RB. Bagian pertama dari gedung RB terdapat kantor Divisi Sarana dan Prasarana serta kantor divisi Taman Organis. Kedua kantor yang saling berhadapan tersebut dipisahkan oleh sebuah ruang terbuka yang dimanfaatkan sebagai tempat absen untuk para karyawan Yayasan BSB. Pada bagian belakang ruang absen terdapat lorong pendek yang akan menghubungkan kita dengan sebuah ruangan yang oleh Divisi Sarana dan Prasarana dijadikan gudang untuk menyimpan peralatan kantor. Perpustakaan RB dapat diakses melalui pintu yang terdapat tepat di depan ruang tersebut.
          Meninggalkan bagian pertama dari gedung RB, bagian kedua dari gedung RB yang berada di belakangnya secara berturut-turut terdapat perpustakaan RB dengan akses pintu utama untuk pengunjung, kantor Divisi Pendidikan dan Pelatihan serta ruang aula pertemuan. Terakhir, di bagian samping kiri ruang aula pertemuan yang berbatasan langsung dengan kebun produksi terdapat tiga buah kamar tempat tinggal untuk karyawan yang masih lajang. Model kamar ketiganya adalah berada dalam satu ruangan yang terpisah masing-masing per kamarnya.

Artikel Terkait

Gedung ASTI

Gedung ASTI merupakan gedung berlantai empat dimana setiap lantainya memiliki fungsi masing-masing. Lantai pertama terdapat garasi pada bagian luar dan asrama untuk perempuan. Jika kita masuk lebih dalam pada lantai pertama terdapat area ruang tamu, ruangan yang lapang walaupun sudah diisi dua tujuh meja panjang yang biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan dan area makan bersama bagi seluruh penghuni ASTI.

comments powered by Disqus