Berita Dari BSB

Kangean Energy Indonesia dan Pertanian Organis


          Senin, 9 Januari 2017, Yayasan Bina Sarana Bakti (YBSB) kedatangan tamu pelatihan dari Kangean Energy Indonesia (KEI). Lima (5) orang pekerja KEI tersebut akan mengikuti pelatihan Pertanian Organis selama seminggu di YBSB. Seperti halnya perusahaan lain yang mempunyai program pelatihan bagi para pekerjanya yang akan memasuki masa pensiun maka Pak Andi, Bu Tammy, Bu Dhani, Bu Ridha, dan Bu Analiati memilih YBSB sebagai tempat pelatihan kepada KEI, tempat kerja mereka. Alasannya karena BSB adalah pioneer, yayasan terlama yang telah melewati beberapa era kepemimpinan negara, dimana kebijakan-kebijakannya akan mempengaruhi operasional BSB sebagai pusat pengembangan organis. Selain itu, sampai saat ini sudah melampaui berbagai keberhasilan maupun mengatasi hambatan. Hal tersebut di atas merupakan pelajaran tersendiri bagi peserta, ketika mereka akan mulai mengolah kebun milik mereka dalam waktu dekat.

          Selama seminggu (09/01/17-14/01/17) para peserta mendapatkan beragam materi. Mulai dari materi Pertanian Organis, Filosofi Organis, hingga teknis-teknis dasar untuk membuka kebun baru dan mengelolanya.  Kerjasama antara Yayasan Bina Sarana Bakti dengan PT Agatho Organis Agro menghadirkan kolaborasi apik dalam penyampaian materi Pelatihan Pertanian Organis. Walau waktu terbilang singkat untuk mempelajari dari hulu ke hilir tentang Pertanian Organis namun, peserta sudah mendapatkan secara utuh pengetahuan tersebut. Keinginan untuk bisa membuka lahan pun  dapat direalisasikan karena telah mendapatkan bekal dan gambaran akan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai pemula. Tinggal bekerja dengan penuh keyakinan sebab apa yang dilakukan ada dasarnya.

         Tantangan bagi para alumnus yang pernah belajar di BSB agar mampu menerapkan nilai-nilai organis mulai dari gaya hidup hingga budidaya bertani organis ditengah mayoritas kebiasaan yang mulai kurang rasa empatinya. Berbagai tantangan yang masih terus dihadapi YBSB sebagai pioneer pengembangan organis melalui pertanian organis juga tidak mudah. Sebab YBSB harus senantiasa mempertahankan kualitas produksi sembari harus mampu menjadi contoh dari pertanian organis untuk masa depan disamping itu kuatnya budaya asing yang masuk membuat BSB sebagai pengembang nilai organis juga harus mampu mempertahankan nilai-nilai sosial budaya setempat agar budaya asing yang masuk tidak merusak tatanan masyarakat setempat.
Karena itulah, mari bersama-sama ikut serta dalam proses mengembangkan gaya hidup organis agar dunia ini semakin dilimpahi cinta. Cinta pada sesama manusia, alam, dan juga cinta kepada Tuhan.
 
Foto-foto lainnya:
 

 

 

 

Artikel Terkait
comments powered by Disqus