Berita Dari BSB

Praktik Kerja Lapang (PKL) Agroteknologi Universitas Lampung




Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) menerima kedatangan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Lampung (Unila) dengan tujuan untuk mengikuti Praktik Kerja Lapang (PKL). Tepatnya hari Senin, 10 Juli 2017, sebanyak 8 orang Mahasiswa telah bersiap memulai rangkaian kegiatan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya ditempatkan di unit kerja berbeda dengan didampingi pembimbing lapang masing-masing.

Agroteknologi Unila tiap tahun rutin mengirimkan Mahasiswanya mengikuti PKL di Yayasan Bina Sarana Bakti. Agroteknologi sendiri adalah Program studi baru di Universitas Lampung yang merupakan hasil penggabungan 4 program studi yaitu: Agronomi, Hortikultura, Ilmu Tanah Serta Hama dan Penyakit Tumbuhan. Dalam rangka penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Unila mewajibkan Mahasiswanya mengikuti mata kuliah Praktik Kerja Lapang atau Praktik Umum dengan bobot 3 sks. Keterlibatan langsung magang kerja di lembaga/perusahaan pertanian menjadi pengalaman tersendiri bagi Mahasiswanya. Selain dituntut menguasai Iptek yang berhubungan dengan Agroteknologi, mereka juga belajar bekerja baik mandiri maupun dalam tim, mampu berpikir kritis, logis, analitik dan kreatif.

PKL merupakan salah satu program pendidikan dan pelatihan yang disediakan sebagai bentuk kerjasama dengan lembaga pendidikan, khususnya sekolah menengah dan perguruan tinggi yang memiliki kurikulum magang kerja. Dalam kegiatan ini selain mereka menerima pembelajaran melalui metode ceramah, peserta juga tentunya terlibat langsung dalam pekerjaan harian di lahan produksi hingga ruang pemasaran produk. Untuk memperluas wawasan, kami menyediakan sesi diskusi dengan jadwal seminggu sekali. Dengan demikian diharapkan peserta akan lebih cepat memahami proses pembelajaran, lebih mudah menemukan solusi saat mengalami kesulitan.

Selama kegiatan praktik kerja lapang, Mahasiswa dibekali berbagai materi pertanian organis dan berkesempatan untuk mempraktikannya di kebun organis Yayasan Bina Sarana Bakti. Selain bekal pengetahuan akademis dan keterampilan kerja, di sini mereka mendapatkan wawasan baru tentang prinsip-prinsip organis dan penerapannya di lapangan yang telah dipraktikkan para pendiri BSB selama lebih dari 3 dekade lamanya.

Rencananya Praktik Kerja  Lapang ini akan berlangsung selama satu bulan, yakni hingga 10 Agustus mendatang. Semoga kegiatannya berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan harapan!

Artikel Terkait
comments powered by Disqus