Berita Dari BSB

Field Trip Mahasiswa IPB


?Selasa, 19 Desember, kebun organis Yayasan Bina Sarana Bakti (BSB) mendapat kunjungan reguler dari Mahasiswa/i Pascasarjana Jurusan Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB). Acara tersebut merupakan kegiatan field trip mata kuliah Agronomi Lanjut. Sekitar 35 Mahasiswa bersama 2 orang dosen pendamping ikut serta dalam rombongan.
Kunjungan reguler adalah layanan untuk masyarakat umum yang berkeinginan untuk mengenal pertanian organis yang diterapkan di BSB. Pesertanya dapat berasal dari perorangan maupun kelompok. Kegiatan ini  dapat diikuti oleh berbagai kalangan, baik yang berlatar belakang pertanian maupun umum.
Kegiatan dimulai pukul 13.30 diawali dengan sambutan dan introduksi di dalam ruangan. Meskipun disambut dengan siraman hujan, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti acara kenal kebun. Diarahkan oleh para pemandu, peserta kunjungan yang dibagi menjadi beberapa grup, berjalan mengelilingi kebun pertanian organis BSB yang masih belum kering dari air hujan. Sesi ini banyak diisi dengan diskusi seputar pengelolaan kebun organis BSB.Fasilitas kebun yang dikunjungi peserta selama kegiatan tersebut antara lain bedengan, rumah kompos, persemaian, packing housedan animal farm. Aneka jenis sayuran yang ditanam di lahan kebun menjadi perhatian tersendiri. Jenisnya yang bermacam-macam, mengundang pertanyaan peserta untuk mencari tahu.
Mendengar kata pertanian organik rasanya sudah tidak asing lagi, apalagi untuk kalangan akademis. Namun melihat bentuk dan wujudnya yang nyata seperti yang ditemui di kebun organis BSB sepertinya hal yang baru buat peserta. Oleh karena itu tidak heran banyak mengundang rasa penasaran mereka. Indahnya pemandangan kebun organis BSB tidak disia-siakan oleh peserta, mereka memanfaatkannya untuk mengambil objek foto, selfie, baik untuk kepentingan laporan kegiatan maupun pribadi.
Dikarenakan jadwal rombongan peserta yang padat, acara kunjungan harus diakhiri pada pukul 15.00. Selesai acara, mereka melanjutkan perjalanannya menuju lokasi lain. Semoga kegiatan kunjungan reguler ini dapat memberikan informasi pertanian organis yang bisa dikembangkan di lingkungan akademis, khususnya dalam menunjang perkuliahan program pascasarjana IPB.(yd)

Artikel Terkait
comments powered by Disqus